Lantai Kayu Solid VS Lantai Kayu Sintetis, Bagus Mana?

lantai kayu solid vs sintetis

Tak bisa dipungkiri perkembangan lantai kayu saat ini terus memuncaki tangga jenis lantai yang sering ditemui pada rumah ataupun bangunan komersil. 

Dipasaran sendiri ada banyak sekali jenis lantai kayu yang memiliki perbedaan yang cukup signifikan hingga yang terlihat sama tapi menggunakan material yang berbeda. 

Namun yang paling populer adalah lantai kayu solid dan lantai kayu sintetis. Keduanya terbuat dari material yang jelas berbeda, akan tetapi memiliki tampilan visual yang hampir sama.

Kedua jenis lantai kayu tersebut saat ini merajai pasaran lantai, karena dinilai memiliki lebih banyak manfaat serta keuntungan dibandingkan dengan jenis lantai lain pada umumnya.

Baca Juga:
3 Jenis Lantai Kayu Dengan Merk Terpopuler & Kualitas Terbaik!

Apa Itu Lantai Kayu Solid? 

Pengelompokan lantai kayu yang akan dibahas di artikel saat ini menjadi dua bagian material, yaitu solid dan sintetis. 

Pasti kebanyakan dari kalian sudah tahu definisi antara solid dan sintetis kan? Yap, memang lantai kayu solid terbuat dari material kayu alami yang bisa dibilang 100% kayu asli tanpa campuran material lainnya. 

Dibuat dengan dibentuk pada mesin molding hingga menghasilkan potongan-potongan kayu yang biasanya di sebut dengan nama "parket". 

Potongan parket tersebut biasanya berukuran panjang mulai dari 20cm sampai 30cm, dan biasanya kebanyakan produsen merancang sistem penguncian di pinggirannya untuk memudahkan pemasangan. 

Lantai kayu solid yang ada dipasaran terbagi kedalam beberapa jenis kayu, akan tetapi agar tidak terlalu panjang kami akan membahasnya di artikel berikutnya. 

Hampir Sama Tapi Lantai Kayu Sintetis Sangatlah Beda! 

Yang unik disini, lantai kayu sintetis memiliki tampilan layaknya lantai kayu solid. Hal tersebutlah yang membuat ibu-ibu yang tadi dibahas pada paragraf awal keliru.

Lantai kayu sintetis tidak terbuat dari kayu asli, bahkan tidak ada bahan campuran yang bersifat kayu sekalipun. Namun tampilan produknya memang seperti kayu asli karena dibuat dengan mesing printing yang canggih untuk menghasilkan warna dan motif yang hampir sama dengan beragam jenis kayu.

Lantai kayu sintetis yang paling populer dan banyak dicari saat ini adalah lantai vinyl, jenis lantai tersebut terbuat dari bahan utama PVC yang sering kita temui pada pipa. 

Dengan materialnya itu membuat lantai vinyl lebih fleksibel, dan mudah untuk dipasangkan dibandingkan dengan lantai kayu. 

Akan tetapi tetap memiliki kualitas yang berbeda, lantai kayu sintetis tidak dapat mengalahkan kealamian, tampilan mewah, dan rasa hangat yang dimiliki lantai kayu solid.

Mana Yang Terbaik Untuk Dipakai?

Secara material, jelas lantai kayu solid memiliki build quailty yang bagus. Karena lantai kayu solid terbuat dari bahan kayu asli, sedangkan lantai kayu sintetis terbuat dari material PVC alias bukan kayu asli.

Namun keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Akan tetapi untuk menghadirkan nuansa premium kedalam rumah anda, disarankan menggunakan lantai kayu solid.

Lantai kayu dengan material asli akan terasa lebih nyaman, hangat, dan meningkatkan nilai jual properti yang anda miliki.

Tunggu apalagi? Pesan lantai kayu sekarang juga dan dapatkan jasa pemasangan profesional yang bergaransi disini. Dapatkan juga produk promo akhir tahun yang buat anda tercengang!

Baca Selanjutnya:
Mengenali Tempat Jual Lantai Kayu Berkualitas Bagus

Tidak ada komentar untuk "Lantai Kayu Solid VS Lantai Kayu Sintetis, Bagus Mana?"